Halaman

Jumat, 11 Desember 2015

PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI


                              PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI  
Oleh : Wendi Maulana Akkhirudin


Pesatnya perkembangan teknologi yang ditandai dengan kehadiran sejumlah berbagai alat alat komunikasi mutkhir, demina setiap orang dapat mengolah, memproduksi, serta mengirimkan maupun menerima segala bentuk pesan komunikasi, dimana saja dan kapan saja, seolah-olah tanpa mengenal batasan ruang dan waktu, dengan sendiriny telah memacu terjadinya perkembangan di sector media massa, yang merupakan bagian komponen komunikasi akibatnya, serbuan informasi yang bersumber dari media massa baik cetak maupun elektronik mulai terasa.
Disadari atau tidak saat ini kita memang telah berada dalam suatu lingkaran yang sarat akan informasi. Hal ini tentunya akan memberikan dampak-dampak tertentu bagi masyarakat, baik positif maupun negatife. Namun pastinya, yang perlu diwasapadai adalam dampak negative dari pesatnya perkembangan teknologi tersebut yang secara tidak langsung mulai mengisi liku-liku kehidupan bermasarakat.
Dampak perkembangan teknologi akhir-akhir ini merupakan pertemuan antara teknologi computer dengan telekomunikasi, yang memungkinkan transfer informasi secara waktu nyata (real time) dalam jumlah yang besar. Penerapan pertemuan teknologi ini dikenal dengan nama era informasi. Teknologi telekomunikasi pun semakin berkembang, semakin cepat, tepat, akurat, kecil, murah, mudah, efektif dan efisien. Proses berkomunikasi pun memiliki ciri dan sifat yang seperti itu, khususnya efektif. Proses mengirimkan pesan dari Indonesia ke luar negeri tidak usah menunggu hingga berminggu-minggu berkat e-mail. Informasi dan kegiatan berkomunikasi kualitas dan kuantitasnya dihitung dalam satuan digital 0 dan 1. Kecepatan dan ketepatan informasi sangat dimungkinkan oleh pemakaian media dengan teknologi yang tepat. Hingga perlu digarisbawahi di sini adalah berbicara komunikasi dan media maka kita juga akan membicarakan komunikasi. Media adalah teknologi dan teknologi adalah media.
Teknologi komunikasi bersama-sama dengan teknologi computer merupakan teknologi utama dalam proses era globalisasi dan disisi lain menjadi siap pakai untuk mengambil keuntungan besar dalam proses tersebut. Perkembangan system telekomunikasi menjadi sangat cepat dikarenakan oleh pertumbuhan jasa telekomunikasi, yang tak seorang pun mampu memperkirakan sebelumnya.
Lagi pula bagi masyarkat sekarang Iptek sudah merupakan suatu religion. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahakan memuja iptek sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan memberikan umat manusia kesehatan, kebahagian dan imortalitas. Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negative iptek terhadap kehidupan umat manusia kalaupun iptek mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti iptek sinonim denan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsure keadilan.
Dan dampak positif lainnya dari kemajuan dapat kita rasakan anatara lain dalam bidang informasi dan komunikasi:
a.       Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet
b.      Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya melalui handphone
c.       Kita mendapatkan layanan bank dengan sangat mudah. Dll
Disamping keuntungan-keuntungan dampak negatifnya anatara lain :
  1. Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris
  2. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bias disalah gunkan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.
  3. Kerahasiaan alat tes semakin terancam melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet
  4. Kecemasan teknologi selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi computer. Kerusakan computer terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam computer inilah beberapa contoh stress yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar